Waspada Sering Buang Air Kecil Tanda Gangguan Prostat

Rabu, 3 September 2020
Waspada Sering Buang Air Kecil Tanda Gangguan Prostat

Pernahkah kamu merasa sering bolak-balik kamar mandi untuk buang air kecil saat musim dingin atau saat berada di ruangan dingin? Ternyata ada alasan di balik hal itu. Selain menjengkelkan, buang air kecil dalam frekuensi sering saat cuaca dingin, menurut dokter, bisa menandakan kondisi badan yang kurang baik.

Lalu, apa sebenarnya yang membuat kita sering buang air kecil saat cuaca dingin? Sebuah artikel di situs India Times menyebut fenomena sering buang air kecil saat berada di hawa dingin sebagai cold diuresis atau diuresis dingin. Diuresis dingin merupakan proses saat tubuh mengatur diri ketika suhu turun. Hal itu bisa terjadi pada siapapun, tidak memandang usia, jenis kelamin, dan tipe tubuh.

Menurut Dr Diana Gall, dari layanan online Doctor 4 U, diuresis dingin dapat terjadi ketika suhu tubuh turun. Respons biologis mengarahkan darah ke inti untuk menciptakan kehangatan, sedangkan ginjal melepaskan cairan ekstra untuk menstabilkan tekanan. Dalam cuaca dingin, tubuh akan mencoba untuk menjaga kehangatan dengan cara menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke kulit.

Tekanan darah manusia akan meningkat saat kedinginan. Akibatnya, tubuh pun mengirimkan sinyal bagi ginjal untuk membuang kelebihan cairan dalam tubuh. Itulah mengapa volume air seni akan meningkat dan ginjal akan bekerja lebih keras untuk mengeluarkan air seni dari tubuh.

Saat kandung kemih terisi dengan cairan berlebih, kamu akan merasa ingin buang air kecil. Kandung kemih yang penuh merupakan cara lain agar tubuhmu kehilangan panas. Jadi buang air kecil juga akan membantu menjaga kehangatan tubuh.

 

Adakah penyebab lain dari sering buang air kencing?

Penyebab lain frekuensi berkemih bertambah ialah tubuh tidak berkeringat saat berada di cuaca dingin. Di saat yang bersamaan, sistem perspirasi tubuh juga dihentikan. Perspirasi adalah proses menguap atau keluarnya air dari kelenjar keringat. Karena tubuh tidak memproduksi keringat saat di cuaca dingin, tidak ada cara lain untuk membuang air dari tubuh selain melalui urine.

Normalnya, buang air kecil dalam sehari adalah 4-8 kali atau sebanyak 1-1,8 liter. Namun, sebagian orang bisa buang air kecil melebihi frekuensi tersebut, bahkan perlu bangun di malam hari untuk buang air kecil. Terlalu banyak minum air atau minum mendekati jam tidur bisa membuat kita sering buang air kecil di malam hari, bahkan sampai terbangun di malam hari.

Namun jika kamu sering buang air kecil padahal hanya minum sedikit atau tidak sedang berada di suhu dingin, perhatikan apakah ada gejala lain yang mungkin kamu rasakan. Buang air kecil melebihi frekuensi normal untuk waktu yang lama dapat mengindikasikan berbagai kondisi medis tertentu. Berikut adalah beberapa kondisi yang menyebabkan seringnya buang air kecil, serta gejala lain yang mungkin menyertai.

1. Infeksi saluran kemih.

Rasa ingin selalu buang air kecil yang tidak dapat ditahan, diiringi demam, dan rasa tidak nyaman atau nyeri pada perut bagian bawah, dapat menjadi pertanda infeksi saluran kemih.

2. Kandung kemih terlalu aktif (overactive bladder)

Kondisi dimana otot kandung kemih berkontraksi secara berlebihan, sehingga menyebabkan keinginan untuk buang air kencing walaupun kandung kemih belum penuh urine.

3. Infeksi ginjal

Di samping sering buang air kecil, gejala infeksi ginjal lainnya adalah sakit punggung, sakit pada pangkal paha, mual, muntah, demam, serta menggigil.

4. Gangguan prostat

Pembesaran prostat dapat menekan uretra atau saluran kemih dan menutup aliran urine. Hal ini menyebabkan dinding kandung kemih mengalami iritasi. Akibatnya, kandung kemih menjadi mudah berkontraksi bahkan ketika hanya ada sedikit urine, sehingga sering muncul rasa ingin buang air kecil.

 

Waspada sering buang air kencing tanda gangguan prostat

Prostat adalah kelenjar pada pria yang terletak di bawah kandung kemih. Fungsinya adalah menghasilkan cairan sebagai media sperma saat ejakulasi. Gangguan prostat biasanya terjadi jika prostat mengalami pembesaran yang mengakibatkan penekanan pada saluran kemih sehingga mengalami susah buang air kecil atau buang air kecil tidak tuntas.

Sudah sewajarnya para pria mewaspadai gejala adanya pembesaran prostat. Gejala yang terlihat antara lain:

●        Sering kencing, terutama pada malam hari

●        Mengejan pada saat memulai kencing

●        Pancaran urine lemah, atau menetes

●        Kencing terputus-putus

●        Rasa tidak lampias setelah selesai kencing

●        Perasaan ingin kencing yang sulit ditahan.

 

 

Konilife Prosmeto Untuk Kesehatan Prostat

Jika kamu atau salah satu anggota keluargamu mengalami sering buang air kecil tanpa sebab, wajib waspada gangguan prostat. Untuk membantu menjaga kesehatan prostat, kamu dapat mulai konsumsi Konilife Prosmeto untuk membantu mencegah pembesaran prostat. Konilife Prosmeto memiliki kombinasi beberapa formula yang paling penting untuk menghambat pembesaran prostat yaitu Lycopene, Selenium, Vitamin E, dan Saw Palmetto yang akan memberikan dampak positif jika dikombinasikan bersama-sama.

 

Sumber

https://merahputih.com/post/read/cuaca-dingin-bikin-sering-buang-air-kecil-kenapa-ya

https://www.alodokter.com/Penyebab-Sering-Buang-Air-Kecil

https://www.konimex.com/post/everyday-health-solution/cegah-pembesaran-prostat-sedini-mungkin

 

Produk terkait

Konilife Livergard

Konilife Focus

Konilife Chlorofit


Artikel Lainnya

Hubungi Customer Services headset_mic