Waspada, Bisa Jadi Kelelahan Yang Kamu Alami Adalah Tanda Anemia

Selasa, 2 November 2020
Waspada, Bisa Jadi Kelelahan Yang Kamu Alami Adalah Tanda Anemia

Kamu mungkin terbiasa melewatkan tidur malam lantaran harus mengejar deadline yang menumpuk. Namun hati-hati lho, bila hal ini sudah menjadi kebiasaan. Pasalnya, jam-jam malam yang kamu habiskan untuk terjaga karena tidak bisa tidur meski tubuh merasa lelah bisa berujung pada kelelahan kronis. 

Jika dibiarkan terus menerus maka kelelahan kronis dapat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh. Jika kamu cukup sering mengalami kondisi lelah, lama-kelamaan kemampuan untuk beraktivitas dengan lancar dan berinteraksi dengan sekitar akan menurun. 

 

Apa itu Kelelahan?

Kelelahan adalah suatu kondisi yang memiliki tanda berkurangnya kapasitas yang dimiliki seseorang untuk bekerja, dan biasanya hal ini disertai dengan perasaan letih dan lemah. Dengan begitu, kamu mengalami rasa letih yang tidak dapat dijelaskan, persistent, dan berulang. Ini mirip dengan apa yang kamu rasakan ketika kamu terserang flu atau kurang tidur. 

Jika kamu memiliki kelelahan kronis, kamu mungkin terbangun di pagi hari dengan perasaan seolah-olah belum tidur. Atau kamu mungkin tidak dapat bekerja maksimal di tempat kerja atau menjadi produktif di rumah. Berikut adalah tanda tubuh terlalu lelah dan butuh istirahat:

  1. Emosional 

    Orang yang kelelahan, tidak akan mampu berkomunikasi dan berinteraksi secara lancar dengan orang lain. Kamu dapat dengan mudah merasa marah, mudah lupa, dan sulit berbicara hingga mengalami depresi. Depresi sendiri dapat menjadi penyebab terjadinya insomnia, kelelahan fisik, yang pada akhirnya dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Jadi, jika kamu sering galau dan emosi mudah terpancing, itu bisa jadi alarm untuk segera beristirahat.
     
  2. Kognitif 

    Akibat kurang beristirahat, pikiran jadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu, efek fisik yang dapat dirasakan karena tekanan mental ini adalah pusing, pandangan mata menjadi kabur, terkadang disertai dengan halusinasi ringan. Pada akhirnya, kamu tidak sanggup melaksanakan tugas-tugas dan tanggung jawab yang membutuhkan koordinasi antara mata dengan tangan.
     
  3. Fisik 

    Saat berada dalam kondisi terlalu lelah, sistem dalam tubuh mulai bereaksi secara abnormal. Hal ini dapat menyebabkan mual, tubuh gemetar, dan pikiran juga menjadi tidak jernih. Jika kamu merasa lelah dalam jangka waktu yang lama, penurunan berat badan yang drastis atau kenaikan berat badan yang signifikan dapat terjadi.

 

Kelelahan Pada Wanita Bisa Akibat Dari Anemia

Bagi wanita di usia subur, anemia adalah penyebab umum kelelahan. Hal ini terutama berlaku untuk wanita yang memiliki siklus menstruasi berat, tumor fibroid rahim, atau polip uterus.

Anemia, suatu kondisi di mana kamu tidak memiliki cukup sel darah merah. Ini bisa karena kehilangan darah atau penurunan produksi sel darah merah. Penyebab anemia lainnya termasuk kekurangan zat besi, asam folat, atau vitamin B12. Penyakit kronis seperti diabetes atau penyakit ginjal juga dapat menyebabkan anemia.

Kurangnya pemahaman masyarakat terhadap anemia menyebabkan sekitar 4,5 miliar orang di seluruh dunia mengalami kekurangan zat besi, dan 1 dari 3 di antara mereka menderita anemia atau kekurangan darah parah. Di Indonesia, 40% dari wanita subur mengalami anemia.

Untuk mengonfirmasi diagnosis anemia, dokter akan memberimu tes darah. Jika kekurangan zat besi adalah penyebab kelelahan yang kamu alami, perawatan mungkin termasuk suplemen zat besi. 

Makanan kaya zat besi seperti bayam, brokoli, dan daging merah juga dapat ditambahkan ke dalam dietmu untuk membantu meringankan gejala. 

 

Konilife Chlorofit Dengan Spirulina Untuk Bantu Atasi Anemia

Anemia bisa menyebabkan kinerja jantung meningkat untuk meningkatkan jumlah darah yang beredar. Jika terjadi dalam waktu lama, jantung akan mengalami perubahan bentuk, berupa pembesaran otot yang dapat memicu terjadinya gagal jantung.

Selain konsumsi makanan yang banyak mengandung Zinc, kamu juga bisa konsumsi Konilife Chlorofit yang mengandung Spirulina. Spirulina banyak memberi manfaat diantaranya:

  1. Dosis 4,5 gram spirulina yang dikonsumsi per hari dapat mengurangi tekanan darah pada individu dengan kadar normal.
  2. Dapat membantu mengatasi anemia dengan kandungan nutrisi di dalamnya.
  3. Efektif untuk mengontrol gula darah pada manusia.

 

Sumber:

https://www.honestdocs.id/ini-tanda-tubuh-terlalu-lelah-dan-butuh-istirahat

https://www.webmd.com/balance/how-tired-is-too-tired#1

https://www.gooddoctor.co.id/tips-kesehatan/obat/berbagai-manfaat-spirulina-yang-bisa-kamu-peroleh/

https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-benefits-of-spirulina#section3


Produk Terkait


Artikel Lainnya

Hubungi Customer Services headset_mic