Tips Menjaga Stamina saat Aktivitas Sedang Banyak

Selasa, 2 Agustus 2020
Tips Menjaga Stamina saat Aktivitas Sedang Banyak

Tubuh memerlukan energi yang cukup agar dapat melakukan banyak aktivitas. Namun terkadang aktivitas yang banyak dapat menguras energi dengan cepat sehingga menurunkan vitalitas dan menyebabkan tubuh mudah lesu. Karena itulah, stamina dan daya tahan tubuh yang kuat dibutuhkan agar seseorang tidak mudah lesu saat beraktivitas.

Stamina merupakan energi yang dibutuhkan untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit saat Anda melakukan aktivitas. Stamina tidak hanya berkaitan dengan olahraga, namun berkaitan pula dengan gaya hidup sehat. Rajin berolahraga namun tidak menjalankan gaya hidup sehat akan sia-sia hasilnya.

Meningkatkan stamina adalah cara yang bisa Anda lakukan agar aktivitas Anda berjalan dengan lancar. Beberapa cara berikut bisa Anda lakukan untuk meningkatkan ataupun menjaga stamina, diantaranya:

  1. Berhenti melakukan kebiasaan buruk 
    Bangun tidur siang, tidak olahraga, melewatkan sarapan dan merokok adalah beberapa contoh kebiasaan buruk yang perlu ditinggalkan. Kebiasaan buruk tersebut tidak hanya membuat Anda mudah lelah dan lesu, namun juga akan membawa bahaya kesehatan untuk Anda.
  2. Istirahat cukup 
    Istirahat baik di siang hari maupun malam hari dapat menjaga stamina Anda. Sempatkanlah tidur siang 15 menit dan tidur malam selama 7-9 jam. Anda akan lebih mudah fokus serta badan akan lebih segar.
  3. Rajin berolahraga 
    Lakukan olahraga secara rutin untuk menjaga serta meningkatkan stamina Anda. Anda dapat memilih olahraga yang Anda sukai dan lakukan selama kurang lebih 30 menit setiap harinya.
  4. Lakukan kegiatan fisik 
    Jika Anda tidak sempat melakukan olahraga karena padatnya aktivitas, maka Anda bisa memperbanyak kegiatan fisik. Seperti memilih menggunakan tangga daripada eskalator saat berada di mall atau berangkat ke kantor dengan bersepeda.
  5. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik 
    Air putih dapat membantu menjaga stamina Anda dengan melawan lelahnya otot. Konsumsi cukup air kurang lebih 2.5 liter selama melakukan kegiatan agar tubuh terisi energi yang cukup.
  6. Kelola stress 
    Sedisipilin apapun kebiasaan baik yang Anda lakukan setiap hari, tidak akan ada hasilnya jika Anda tidak mampu mengelola stress. Stress dapat menguras cukup banyak tenaga dan stamina sehingga sangat penting untuk Anda dapat mengelola stress.
  7. Relaksasi 
    Sempatkan untuk relaksasi setiap hari, entah itu dengan berendam air hangat, pijat atau sekedar menonton film di rumah. Hal ini secara langsung dapat berefek pada stamina Anda. Anda akan lebih mudah fokus serta tidak mudah lelah.

Selain 7 langkah diatas, sebisa mungkin tinggalkan jauh-jauh berbagai makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, gorengan, makanan kemasan, alkohol, serta karbohidrat olahan. Deretan makanan ini minim gizi sehingga akan membuat Anda tidak memiliki cukup stamina, akibatnya Anda akan mudah lelah dan lesu. Sebagai gantinya Anda bisa konsumsi makanan dan minuman berikut ini.

  • Salmon 
    Ikan salmon mengandung protein yang tinggi yang bisa mempercepat proses metabolisme tubuh, yang nantinya akan meningkatkan energi serta stamina Anda.
  • Kacang 
    Kacang-kacangan terutama kacang almond bermanfaat untuk mengatasi kelelahan. Kandungan magnesiumnya mampu mengolah gula menjadi energi. Sedangkan kandungan protein dan seratnya dapat menyuplai energi ke tubuh.
  • Kale 
    Kale berguna untuk menambah asupan energi ke tubuh. Protein, serat dan kandungan antioksidannya yang tinggi membuat tubuh jadi bersemangat.
  • Alpukat 
    Alpukat mengandung asam lemak yang dapat menghindarkan Anda dari peradangan yang berhubungan dengan stamina tubuh.
  • Blueberri 
    Bluberri sangat kaya akan antioksidan yang berfungsi menghambat radikal bebas yang merusak sel dan menyebabkan kelelahan.
  • Goji berry 
    Goji berry dapat meningkatkan aliran darah, sehingga dapat meningkatkan stamina serta kewaspadaan tubuh.
  • Susu 
    Susu memiliki cukup banyak kalori yang dapat memberikan energI untuk tubuh. Anda bisa konsumsi susu sebelum melakukan aktivitas untuk meningkatkan stamina secara instan. Selain itu susu juga kaya akan kandungan vitamin B2, B12 yang dapat meredakan stres.
  • Kopi 
    Kopi jika diminum dengan takaran yang tepat dan dikonsumsi tidak berlebihan dapat memberi manfaat positif termasuk memberi energi dalam tubuh. Kandungan kafeinnya mampu meningkatkan stamina serta dapat meningkatkan fokus.
  • Strawberry 
    Strawberry dapat memberikan energi yang cukup bagi tubuh. Kandungan vitamin C nya juga dapat memperbaiki kerusakan jaringan tubuh.
  • Ginseng 
    Kandungan antioksidan alami yang dimiliki ginseng sangat baik untuk tubuh. Ginseng memiliki efek menenangkan syaraf, memberi tambahan energi serta meningkatkan konsentrasi. Anda dapat membuat teh ginseng terutama jika Anda akan melakukan aktifitas fisik yang berat

Untuk mendapatkan energi tambahan atau menjaga stamina ternyata cukup mudah, bukan? Anda hanya perlu konsisten dalam melakukan beberapa hal diatas. Di jamin, sebanyak dan sepadat apapun aktivitas Anda, Anda tidak akan mudah lelah dan lesu karena Anda memiliki asupan energi serta stamina yang cukup dengan melakukan tips-tips diatas.


Produk Terkait


Artikel Lainnya

Hubungi Customer Services headset_mic