Tips meningkatkan daya tahan tubuh

Selasa, 2 Agustus 2020
Tips meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh berpengaruh terhadap rentan atau tidaknya seseorang terserang suatu penyakit. Semakin tinggi daya tahan tubuh seseorang, maka kemungkinan seseorang tersebut terserang penyakit akan semakin kecil. Namun sayangnya ada beberapa hal yang dapat membuat daya tahan tubuh melemah, yang dapat membuat siapa saja terserang berbagai macam penyakit. Berikut adalah beberapa penyebab daya tahan tubuh melemah

  1. Polusi udara
    Polusi udara mengancam siapa saja, namun yang paling rentan terserang adalah anak- anak dan manula. Udara yang terkontaminasi zat berbahaya dapat menurunkan daya tahan tubuh dan mengganggu kesehatan
  2. Perubahan cuaca ekstrim 
    Faktor ini menjawab alasan mengapa banyak orang sakit saat musim pancaroba, karena perubahan cuaca yang ektrim dapat menurunkan daya tahan tubuh.
  3. Terlalu banyak konsumsi protein 
    Apapun yang dikonsumsi berlebihan tidak akan membawa manfaat, termasuk kelebihan konsumsi protein. Kelebihan protein terutama protein hewani dapat memproduksi hormon IGF1 lebih banyak dari jumlah yang seharusnya. Hormon ini merupakan hormon yang mempercepat penuaan di tubuh sekaligus mengurangi ketahanan sistem imun tubuh.
  4. Kurang bergerak 
    Jarang berolahraga dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk atau tidur dapat memperlambat sistem metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang rendah menyebabkan tubuh menjadi lemah dalam menyerap nutrisi yang penting untuk imun tubuh. Maka sangat penting untuk rutin melakukan olahraga atau banyak melakukan aktivitas fisik yang membuat tubuh banyak bergerak.
  5. Gaya hidup yang tidak sehat 
    Merokok, begadang, banyak konsumsi junk food atau makanan berpengawet dapat melemahkan sistem ketahanan tubuh.
  6. Konsumsi gula berlebih 
    Terlalu banyak konsumsi gula dapat menurunkan kemampuan sel darah putih untuk melawan kuman. Akibatnya daya tahan tubuh akan melemah dan Anda akan mudah terserang penyakit.
  7. Kurang minum air putih 
    Salah satu manfaat air putih adalah mengeluarkan racun dalam tubuh. Sehingga jika Anda kurang konsumsi air putih, tubuh akan menumpuk banyak racun yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda.
  8. Kekurangan nutrisi tertentu 
    Tubuh memerlukan berbagai nutrisi penting untuk menunjang antibodi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, tembaga dan selenium. Jika Anda kekurangan nutrisi penting, daya tahan tubuh Anda akan melemah.

Untuk itulah penting untuk selalu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, karena daya tahan tubuh berperan sebagai benteng yang melindungi Anda dari berbagai penyakit. Anda dapat melakukan beberapa hal berikut untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Istirahat cukup 
    Hindari tidur larut malam dan tidur selama 7-8 jam setiap harinya. Tubuh yang mendapatkan cukup tidur akan membuat sistem kekebalan tubuh menguat.
  2. Hindari stres 
    Jika pekerjaan menimbulkan cukup banyak tekanan serta stres yang tinggi, Anda bisa mengimbanginya dengan memperbanyak mencari hiburan seperti membaca buku atau berbicara dengan keluarga yang dapat membantu mengurangi stres.
  3. Dapatkan cukup sinar matahari 
    Paparan sinar matahari, terutama matahari pagi akan memicu produksi vitamin D yang sangat baik untuk tubuh secara keseluruhan termasuk daya tahan tubuh.
  4. Konsumsi bawang putih 
    Kita bersyukur tinggal di Negara yang kaya akan rempah-rempah seperti bawang putih. Bawang putih adalah agen anti mikroba yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, ternyata memasak bawang dapat membunuh senyawa penting untuk mendukung daya tahan tubuh, sehingga akan lebih baik jika mengonsumsi bawang putih secara mentah dan tambahkan pada hidangan sebelum disajikan.
  5. Merendam kaki kedalam campuran es batu dan air 
    Ada cara unik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu dengan merendam kaki kedalam campuran es batu dan air. Saat berinteraksi dengan air dingin, tubuh akan menaikkan suhunya dan mencoba untuk menjadi lebih hangat. Hal ini akan membantu menaikkan tingkat metabolisme, membuat sel darah putih akan semakin banyak diproduksi dan kemudian sistem kekebalan tubuh akan meningkat.
  6. Minum air madu hangat 
    Madu terkenal akan manfaatnya yang banyak. Salah satu manfaat madu adalah membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik. tidak hanya itu saja, madu juga dipercaya mampu mencegah alergi dan membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat.
  7. Konsumsi vitamin C 
    Vitamin C terbukti berperan sebagai antioksidan pada tubuh kita. Antioksidan penting untuk daya tahan tubuh Anda. Konsumsilah banyak buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk atau lemon untuk asupan vitamin C.
  8. Konsumsi Zinc 
    Sistem perlindungan tubuh terdapat di saluran pencernaan, jika saluran pencernaan bermasalah, maka Anda akan mudah terserang infeksi. Konsumsi zinc yang cukup dapat menjaga saluran pencernaan Anda. Anda bisa mendapatkan zinc dengan mengonsumsi bayam, kepiting atau jamur.

Ternyata sangat mudah untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan sistem imun tubuh yang kuat, Anda tidak akan mudah terserang penyakit dan Anda dapat melakukan banyak aktivitas dengan lancar.

 


Produk Terkait


Artikel Lainnya

Hubungi Customer Services headset_mic