Suplemen Omega 3 Bisa Bikin Tambah Pintar, Apa Benar?

Rabu, 3 September 2020
Suplemen Omega 3 Bisa Bikin Tambah Pintar, Apa Benar?

Salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh kita adalah otak. Otak bertugas mengendalikan semua sistem dalam tubuh. Karena itulah, kesehatan otak harus dijaga sebaik-baiknya. Salah satu nutrisi terbaik untuk menjaga kesehatan otak adalah omega 3.

Omega 3 sudah lama dipercaya sebagai makanan untuk otak. Menurut Aron Barbey, seorang profesor dan direktur di Center for Brain Plasticity di University of Illinois, Amerika, banyak bukti yang mengungkapkan bahwa omega 3 memiliki efek menguntungkan bagi otak. Menurut penelitian, semakin tinggi kadar omega 3 dalam darah, fungsi kognitif di otak juga semakin meningkat. Selain itu, struktur otak pun makin membaik.

Omega 3 adalah asam lemak esensial yang terdiri dari DHA (Asam Docosahexaenoic) dan EPA (Asam Eicosapentaenoic). DHA dan EPA merupakan asam lemak tak jenuh yang tidak bisa dihasilkan oleh tubuh dan harus dipenuhi dari makanan atau suplemen.

Manfaat Omega 3 Untuk Otak

Menurut Simon Dyall, peneliti dari Bournemouth University di Inggris, omega 3 punya manfaat signifikan untuk otak. Omega 3 bisa memudahkan otak dalam memproses dan memproduksi sel serta jaringan baru yang berfungsi menggantikan sel-sel lama yang sudah rusak. Lalu, apa lagi manfaat omega 3 yang berperan untuk otak? Berikut penjelasannya.

1. Memperbaiki aliran darah dan membentuk sel otak yang baru

Omega 3 mengandung DHA dan EPA. Kedua zat ini berperan penting dalam mencegah plak terbentuk di pembuluh darah. Inilah sebabnya asupan omega 3 yang cukup bisa melancarkan aliran darah dari jantung ke otak. Semakin lancar aliran darah menuju otak, sel-sel otak yang baru akan semakin mudah terbentuk.

2. Membantu perkembangan kognitif

Menurut banyak penelitian, omega 3 berperan penting dalam perkembangan kognitif. Beberapa penelitian bahkan mengungkapkan bahwa bayi yang tercukupi kebutuhan omega 3 sejak masih dalam kandungan menunjukkan bermacam perkembangan yang pesat. Beberapa perkembangan yang dinilai cukup tinggi yaitu keterampilan sosial, koordinasi gerak, dan tingkat fokus. Tak hanya itu, bayi yang cukup omega 3 juga menunjukkan skor tes kecerdasan yang lebih tinggi.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa anak yang dilahirkan oleh ibu yang tercukupi kebutuhan omega 3 selama hamil dan menyusui memiliki nilai akademik yang lebih tinggi daripada anak yang ibunya tidak mengkonsumsi omega 3 selama kehamilan.

Anak yang tercukupi kebutuhan omega 3 juga lebih superior dalam hal kemampuan membaca ketimbang anak yang tidak mengkonsumsi omega 3. Hal ini diungkap dalam penelitian yang dilakukan di Oxford University pada 2012—2014. Tak cuma itu, anak yang cukup asupan omega 3 juga memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang lebih baik ketimbang anak yang tidak tercukupi kebutuhannya akan omega 3.

3. Mengurangi depresi

Karena bisa melancarkan aliran darah di otak, omega 3 juga berperan penting dalam mengatasi depresi. Aliran darah yang kurang lancar pada pasien depresi bisa diatasi dengan terapi konsumsi omega 3. Bahkan, penelitian pada anak usia 6—12 tahun menunjukkan bahwa terapi omega 3 menunjukkan hasil yang signifikan dalam pengobatan depresi. Kandungan yang terdapat dalam omega 3 juga bisa membuat obat antidepresan bekerja lebih efektif sehingga pengobatan bisa berjalan lebih lancar.

4. Menurunkan risiko demensia dan alzheimer

Volume otak akan menyusut dan mengecil seiring bertambahnya umur manusia. Inilah sebabnya, orang lanjut usia berisiko terkena penyakit yang berhubungan dengan fungsi otak seperti demensia dan alzheimer.

Untungnya, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi omega 3 dapat membantu mencegah terjadinya beberapa penyakit degeneratif yang menyerang fungsi otak. Penelitian yang dilakukan di South Dakota Sanford School of Medicine mengungkapkan bahwa wanita dengan kadar DHA dan EPA tinggi memiliki otak yang berukuran 2 sentimeter kubik lebih besar ketimbang wanita dengan kadar DHA dan EPA yang rendah.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa omega 3 memiliki peranan penting dalam kinerja otak. Omega 3 bahkan dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan dan mencegah terjadinya penyakit degeneratif yang menyerang otak. Karena itu, jika kamu belum cukup mengonsumsi omega 3, mulailah penuhi asupannya. Kamu bisa memasukkan makanan kaya omega 3 seperti salmon dan tuna dalam menu harian mu. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen seperti Konilife O369.

Konilife O369 merupakan kombinasi asam lemak dengan rasio yang tepat dan seimbang. Omega 3 dalam Konilife O369 mengandung DHA dan EPA yang mempunyai efek analgesik dan antiinflamasi serta bisa meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus membantu pembentukan sel otak juga membran saraf. Selain itu, Konilife O369 juga mengandung omega 6 dan omega 9 yang akan menjaga kesehatan jantung serta menormalkan kadar kolesterol dalam darah sehingga aliran darah bisa lancar. Konilife O369 akan memberimu manfaat untuk kesehatan dan menjaga fungsi otak agar tetap bekerja secara optimal.

 

Sumber:

https://www.halodoc.com/4-alasan-omega-3-baik-untuk-otak

https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/benarkah-suplemen-omega-3-baik-untuk-otak

https://www.honestdocs.id/manfaat-omega-3-untuk-kesehatan

 

Produk terkait:

Konilife Redaxin

Konilife Chlorofit

Konilife CoQ10

 


Artikel Lainnya

Hubungi Customer Services headset_mic