Supaya Tak Gampang Kena Flu, Lindungi Dirimu Dengan Cara Ini

Rabu, 3 September 2020
Supaya Tak Gampang Kena Flu, Lindungi Dirimu Dengan Cara Ini

Musim penghujan sering ditakuti banyak orang. Bukan cuma karena rawan terjadi banjir, tapi penyakit pun seperti mudah sekali menyerang. Salah satu penyakit yang sering menghantui adalah flu, pilek, dan batuk. Namun, apakah benar hujan merupakan penyebab flu?

7 Sebab Kamu Mudah Terkena Flu

Sebenarnya, perubahan cuaca bukanlah satu-satunya penyebab kita mudah terkena flu. Ada beberapa hal lain yang membuat kamu rentan terkena penyakit yang satu ini.

1. Kurang cairan

Jika kamu kekurangan cairan atau dehidrasi, tubuh akan semakin gampang capek. Inilah sebabnya bakteri gampang menyerang. Kamu pun jadi rentan terkena flu. Karena itu, selalu cukupi kebutuhan tubuh akan cairan dan jangan biarkan dirimu dehidrasi. Perbanyak minum air putih dan kurangi minuman yang tinggi kandungan kafein seperti teh, kopi, atau soda. Minuman berkafein bersifat diuretik atau membuatmu sering buang air kecil sehingga cairan dalam tubuh berkurang.

2. Pola makan yang kurang sehat

Terlalu sering mengonsumsi makanan yang kurang sehat bisa memicu terkena berbagai penyakit. Selain itu, makanan yang tidak higienis juga menjadi sumber penyakit. Gorengan yang digoreng dengan minyak jelantah atau minuman dingin yang menggunakan pemanis buatan bisa membuat tenggorokan meradang. Apalagi jika menu harian mu kurang nutrisi dari buah dan sayur, kamu jadi lebih mudah terpapar flu.

3. Kurang tidur

Tidur merupakan salah satu cara tubuh melawan infeksi dan virus. Ketika kamu tidur, tubuh akan memperbaiki jaringan dan mengeluarkan hormon yang bisa mengendalikan stres. Kalau kamu kurang tidur, kinerja hormon tersebut bisa terganggu. Akibatnya, tubuhmu rentan terkena stres yang menjadi pintu bagi bermacam penyakit termasuk flu.

4. Sering menyentuh area wajah

Karena berbagai aktivitas yang kita lakukan, tangan kita menjadi penuh dengan kuman dan bakteri. Kalau kamu sering menyentuh wajah dengan tangan yang belum dibersihkan, bisa jadi beragam virus dan kuman ikut masuk melalui mulut, hidung, dan mata. Karena itu, kurangi kebiasaan menyentuh wajah dan pastikan kamu sudah mencuci tangan dengan bersih sebelum memegang mulut, hidung, atau mata.

5. Alergi

Kalau kamu alergi debu, kamu akan lebih gampang terkena flu. Soalnya, orang yang alergi debu rentan mengalami obstruksi pernapasan. Jika ini terjadi, virus flu bisa lebih mudah masuk ke dalam tubuh lewat saluran pernapasan.

6. Jarang cuci tangan

Tangan kita menyentuh beragam objek dalam sehari. Tidak ada yang bisa menjamin objek tersebut bebas kuman atau virus. Karena itu, tangan kita pun sangat mungkin bersentuhan dengan virus flu yang tersebar dari penderita sebelumnya. Jika kamu jarang cuci tangan, virus flu yang terbawa oleh tanganmu bisa menyebar sehingga kamu pun rentan sakit.

7. Kurang vitamin D

Salah satu fungsi vitamin D adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Kalau kamu kekurangan vitamin ini, sistem kekebalan tubuhmu akan menurun dan kamu pun gampang terkena flu.

Tiga Cara Penting Untuk Menjauhkan Flu

Kalau sudah terkena flu, badan pasti terasa tidak enak, lemas, dan lesu. Aktivitasmu pun pasti terganggu. Supaya kamu terhindar dari flu, lindungi dirimu dengan tiga cara ini.

1. Perbaiki pola hidup

Agar kamu terlindungi dari flu, jalani gaya hidup yang sehat. Rutin berolahraga dan perbanyak konsumsi serat. Makanlah dengan prinsip gizi seimbang dan cukupi kebutuhan buah serta sayur. Perbanyak minum air putih agar kebutuhan cairan dalam tubuh tercukupi dan kamu terhindar dari dehidrasi.

2. Rajin cuci tangan dan lakukan dengan benar

Virus flu bisa menyebar lewat berbagai cara. Virus flu juga dapat menempel selama beberapa waktu di permukaan benda-benda. Karena itu, kamu perlu menjaga kebersihan tangan untuk mencegah terkena virus. Cucilah tanganmu dengan air mengalir menggunakan sabun. Pastikan semua bagian tanganmu terkena sabun lalu bilas sampai bersih dan keringkan dengan baik.

3. Tingkatkan daya tahan tubuh

Supaya tidak gampang tertular flu, daya tahan tubuhmu harus prima. Pastikan kamu cukup tidur agar sel-sel dalam tubuhmu bisa memperbaiki diri dengan baik dan kamu terhindar dari stres yang bisa menurunkan daya tahan tubuh. Seringlah berjemur di bawah sinar matahari agar kamu bisa mendapatkan asupan vitamin D yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu.

Kamu juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan bantuan Konilife Imunea. Konilife Imunea merupakan pilihan yang tepat untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar kamu tidak mudah terkena flu. Dengan triple action formula, Konilife Imunea bekerja sinergis menjaga dan mengoptimalkan daya tahan tubuhmu.

Kandungan ekstrak mengkudu, echinacea, dan zinc dalam Konilife Imunea efektif meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan infeksi serta mencegah flu. Komposisi bahan aktif dalam Konilife Imunea juga berperan sebagai antiradang, antialergi, antibakteri, antivirus, dan antijamur.

 

Sumber:

- https://www.idntimes.com/health/medical/m-tarmizi-murdianto/penyebab-rentan-kena-flu

- https://kesehatan.kontan.co.id/news/catat-tiga-cara-menjaga-daya-tahan-tubuh-untuk-cegah-infeksi-virus-corona?page=all

- https://www.halodoc.com/banyak-macamnya-ketahui-perbedaan-jenis-flu-ini

 

Produk terkait:

Konilife Oxi

Konilife Chlorofit

Konilife O369


Artikel Lainnya

Hubungi Customer Services headset_mic