Menu sehat untuk penderita diabetes

Selasa, 2 Agustus 2020
Menu sehat untuk penderita diabetes

Indonesia termasuk dalam 10 negara terbesar penderita diabetes. Dikutip dari Federasi Diabetes Internasional, penderita diabetes di Indonesia per tahun 2013 diperkirakan berjumlah sekitar 8,5 juta jiwa dengan rentang usia penderita 20 hingga 79 tahun. Sayangnya, kurang dari 50% yang menyadari jika mereka terkena diabetes.

Anda yang tidak memiliki keturunan penyakit diabetes bukan berarti bebas dari ancaman. Anda bisa melakukan pencegahan penyakit diabetes dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Membekali informasi tentang penyakit diabetes 
    Sebagai langkah awal, Anda bisa membekali diri Anda dengan informasi dan pengetahuan seputar penyakit diabetes mulai dari gejala, pengobatan serta perawatan luka diabetes.
  2. Tetap aktif dan perbanyak olahraga 
    Tetap membuat tubuh bergerak aktif dan rutin berolahraga mampu menjaga badan tetap sehat, menstabilkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas Anda terhadap insulin. Pilihlah olahraga yang Anda sukai dan lakukan secara rutin minimal 30 menit sehari untuk membantu mencegah diabetes.
  3. Pertahankan berat badan ideal 
    Sangat penting untuk Anda memiliki atau mempertahankan berat badan ideal, ini karena berat badan berlebih (obesitas) merupakan salah satu penyebab utama seseorang terkena penyakit diabates.
  4. Batasi konsumsi karbohidrat dan makanan manis 
    Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya penurunan kemampuan tubuh dalam memproduksi ataupun menggunakan insulin untuk mengubah gula menjadi energi, sehingga sangat penting untuk membatasi jumlah gula dan karbohidrat yang masuk dalam tubuh.
  5. Rutin melakukan medical check up 
    Lakukan medical checkup minimal satu kali dalam setahun dengan atau tanpa keluhan apapun, karena umumnya penyakit yang mematikan seperti diabetes justru tidak menimbulkan keluhan dan baru terlihat saat sudah masuk kondisi parah.
  6. Menjaga pola makan sehat
    Hindari makanan manis seperti kue, soda, minuman berperasa dengan pemanis buatan karena dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Anda bisa memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang mengandung antioksidan tinggi. Sayur dan buah dengan antioksidan tinggi mampu mengurangi efek radikal bebas yang masuk pada tubuh, yang bisa menjadi salah satu pemicu penyakit diabetes.

Jika Anda sudah melakukan hal diatas namun mengalami gejala berikut

  • Sering merasa haus.
  • Kelelahan.
  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari.
  • Rasa lapar yang ekstrim.
  • Berkurangnya massa otot.
  • Luka yang lama sembuh.
  • Sering mengalami infeksi, misalnya pada gusi dan kulit
  • Pandangan yang kabur.
  • Sering kesemutan

Maka Anda bisa melakukan checkup ke dokter untuk mengetahui secara pasti apakah Anda menderita diabetes dengan melakukan tes darah beberapa kali. Jika hasil tes Anda positif diabetes maka Anda harus ekstra berhati-hati dalam mengatur pola makan.

Penderita diabetes harus mengatur pola makannya. Jika salah makan, kadar gula dapat meningkat drastis dan membahayakan kesehatan. Berikut adalah beberapa menu sehat yang disarankan untuk penderita diabetes.

  1. Smoothies 
    Smoothies tidak hanya mudah cara membuatnya, namun juga kaya akan nutrisi. Pilih susu rendah lemak, plain yoghurt serta aneka buah dan sayur untuk menu smoothies Anda.
  2. Produk olahan susu rendah lemak 
    Susu atau yoghurt rendah lemak kaya akan protein, kalsium serta nutrisi penting bagi kesehatan. Kandungan glycemix index pada yoghurt rendah lemak dapat mengontrol kadar insulin dalam darah.
  3. Kacang-kacangan 
    Kacang-kacangan termasuk kacang kedelai yang sudah diolah menjadi tahu atau tempe yang dimasak dengan cara dikukus, sup atau tumis
  4. Buah 
    Pilih buah yang berair seperti jeruk, pear, melon atau semangka. Dan jika Anda ingin mengolahnya menjadi jus, hindari memberi gula pada jus buah Anda.
  5. Telur 
    Protein dan lemak dalam telur dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Hal ini penting agar Anda tidak mudah konsumsi makanan kurang sehat saat tiba-tiba lapar.
  6. Makanan yang terbuat dari biji-bijian atau karbohidrat kompleks seperti nasi merah, sereal, dan roti gandum
  7. Daging tanpa lemak yang dimasak dengan cara dikukus, direbus, dipanggang atau dibakar
  8. Sayur yang diproses dengan cara direbus, dikukus atau dikonsumsi mentah. Sayuran yang baik dikonsumsi penderita diabetes adalah bayam dan brokoli
  9. Ikan seperti ikan tuna, salmon atau ikan dari laut dalam lainnya. Hindari ikan yang berasal dari laut dangkal karena cenderung memiliki kadar merkuri tinggi.
  10. Tomat 
    Konsumsi jus tomat setiap hari dapat mengurangi resiko penggumpalan darah yang sering terjadi pada penderita diabetes. Tomat juga mengandung likopen dan lutein yang melindungi ginjal dan pembuluh darah dari kerusakan akibat diabetes.
  11. Quinoa 
    Quinoa merupakan salah satu sumber serat terkaya dan dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan membuat Anda kenyang lebih lama

Beberapa menu diatas tak hanya sehat untuk penderita diabetes, namun juga sehat untuk Anda yang ingin terhindar dari diabetes. Bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, mari menerapkan gaya hidup sehat sekarang juga.


Produk Terkait


Artikel Lainnya

Hubungi Customer Services headset_mic