Jangan Lupa Sarapan Untuk Membantu Otak Tetap Fokus

Selasa, 2 November 2020
Jangan Lupa Sarapan Untuk Membantu Otak Tetap Fokus

Sering melewatkan sarapan? Setelah membaca artikel ini pasti kamu akan jadi rajin sarapan. Penelitian telah menemukan bahwa makan sarapan dapat meningkatkan daya ingat dan perhatian jangka pendek.

Sebuah studi lain juga mengatakan, seseorang yang selalu sarapan secukupnya, dapat meningkatkan daya ingat. Sarapan yang baik adalah campuran buah segar, susu dan biji-bijian kaya serat seperti roti gandum dan sereal. Sarapan dengan kalori tinggi justru akan menghambat konsentrasi dan membuat badan menjadi lesu. 

Nah kamu bisa sarapan dengan berbagai makanan di bawah ini yang dapat membantu otak agar tetap sehat dan fokus. Apa saja listnya? Berikut infonya:

  1. Sayuran berdaun hijau. 

    Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, seledri, dan brokoli kaya akan nutrisi yang menyehatkan otak seperti vitamin K, lutein, folat, dan beta karoten. Penelitian menunjukkan makanan nabati ini dapat membantu memperlambat penurunan kognitif.
     
  2. Kafein

    Kafein dapat memberikan energi, meningkatkan kewaspadaan, membantu agar lebih fokus, meningkatkan konsentrasi dan membantu memperkuat ingatan baru. Dalam sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, peserta dengan konsumsi kafein yang lebih tinggi mendapat skor lebih baik pada tes fungsi mental. Kafein terkandung dalam kopi, coklat, dan teh.
     
  3. Kacang kenari.

    Kacang adalah sumber protein dan lemak sehat yang sangat baik, dan satu jenis kacang khususnya kacang kenari dapat meningkatkan daya ingat. Sebuah studi tahun 2015 dari UCLA mengaitkan konsumsi kenari yang lebih tinggi dengan peningkatan skor tes kognitif. 

    Kacang kenari tinggi dalam jenis asam lemak omega-3 yang disebut asam alfa-linolenat (ALA), yang membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi arteri. Hal tersebut baik untuk jantung dan otak.
     
  4. Gula (glukosa)

    Gula dalam bentuk glukosa dapat meningkatkan kewaspadaan dan menjadi bahan bakar untuk menjalankan fungsi otak. Glukosa dihasilkan dari proses metabolisme gula dan karbohidrat yang kamu konsumsi. Itulah kenapa segelas minuman manis dapat membantu daya ingat, proses berpikir dan mental (yang bersifat sementara).
     
  5. Protein

    Konsumsi ikan yang kaya akan omega 3 sangat baik untuk meningkatkan daya kerja otak. Konsumsi omega 3 juga dapat menurunkan resiko terkena Alzheimer (demensia) dan stroke. 
     
  6. Air putih

    Terkadang yang benar-benar kamu butuhkan untuk tetap fokus adalah segelas air. Haus dan dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Itulah kenapa kamu disarankan untuk minum air putih untuk menghindari kelelahan. Jadi sebelum kamu melakukan apapun, ambil segelas air putih lalu peras lemon segar di dalamnya untuk kesegaran tambahan.
     
  7. Pisang

    Kalau kamu terburu-buru, kamu bisa mengambil pisang untuk dikonsumsi saat bepergian. Pisang tidak hanya manis dan enak, tetapi juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi. 

    Sebuah studi tahun 2008 menemukan bahwa siswa yang memakan buah pisang sebelum ujian bisa melakukan ujian lebih baik daripada mereka yang tidak. Pisang menonjolkan potasium, mineral penting yang penting untuk menjaga otak, saraf, dan jantung dalam kondisi prima.

 

Tingkatkan Konsentrasi Dengan Konilife Focus

Konilife Focus diformulasikan untuk mempertahankan kemampuan memori dan kemampuan belajar. Bekerja lebih efektif untuk memelihara fungsi memori daripada ginkgo biloba (yang hanya memperlancar aliran darah). dan EPA DHA (yang hanya efektif untuk pertumbuhan dan perkembangan sel otak pada anak dengan usia < 2th).

 

 

Sumber:

https://www.health.harvard.edu/mind-and-mood/foods-linked-to-better-brainpower

https://www.honestdocs.id/makanan-untuk-otak

https://www.health.com/food/10-foods-that-boost-concentration

https://www.webmd.com/add-adhd/ss/slideshow-brain-foods-that-help-you-concentrate


Produk Terkait


Artikel Lainnya

Hubungi Customer Services headset_mic