6 Mitos Kanker Prostat Yang Terbukti Salah

Selasa, 2 November 2020
6 Mitos Kanker Prostat Yang Terbukti Salah

Kanker prostat menjadi momok menakutkan bagi kaum pria. Menurut Yayasan Kanker Indonesia, kasus kanker prostat di Indonesia menempati peringkat ketiga sebagai kanker yang paling sering diderita oleh pria dan urutan keenam sebagai jenis kanker paling mematikan di Indonesia.

Ditengah bahaya yang mengintai, ternyata masih banyak mitos kanker prostat yang bikin masyarakat jadi resah. Berikut beberapa mitos kanker prostat yang ternyata terbukti salah.

  1. Kanker prostat hanya dialami pria berumur

    Meski memang banyak dialami oleh pria yang usianya lebih tua, pria muda juga berisiko mengalami hal yang sama. Bahkan menurut American Cancer Society, sekitar 40% kasus kanker prostat terjadi pada pria usia di bawah 65 tahun, biasanya 40 tahun ke atas.
     
  2. Kadar PSA tinggi sudah pasti gejala kanker prostat

    Prostate-Specific Antigen atau PSA adalah protein yang diproduksi oleh kelenjar prostat. Kadar PSA sering kali dijadikan indikator kesehatan prostat dan membantu mendiagnosis kanker prostat. Saat muncul sel kanker di prostat, kadar PSA biasanya naik hingga di atas 4. 

    Namun, kadar PSA tinggi ternyata tidak selalu menjadi gejala kanker prostat. Naiknya kadar PSA bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti aktivitas bersepeda, ejakulasi, atau masalah prostat lainnya. 

    Maka itu, diperlukan pemeriksaan penunjang lainnya seperti biopsi invasif guna memastikan penyebabnya.
     
  3. Kalau anggota keluarga terkena kanker prostat, generasi selanjutnya pasti ikut kena

    Genetik menjadi salah satu faktor risiko terjadinya kanker. Hal ini berlaku juga untuk kanker prostat. Apabila salah satu anggota keluarga yang terkena kanker prostat, baik itu ayah atau saudara kandung, maka kamu berisiko 2 kali lebih tinggi mengalami hal serupa. 

    Namun, ini bukan berarti generasi selanjutnya sudah pasti akan terkena. Potensi dan risiko kanker prostat dalam diri seseorang tergantung dari gaya hidup sehari-hari. 

    Jika kamu termasuk berisiko karena ada salah satu anggota keluarga terkena kanker prostat, maka segera konsultasikan ke dokter untuk melakukan tes PSA.
     
  4. Pengobatan kanker prostat sebabkan impotensi dan inkontinensia urine

    Ada mitos kanker prostat yang mengatakan bahwa pengobatan kanker prostat bisa menyebabkan impotensi dan sulit menahan buang air kecil. Akibatnya, banyak pasien yang enggan menjalani pengobatan karena tidak ingin mengalami impotensi. Perlu diluruskan bahwa hal tersebut tidak benar. 

    Memang setelah operasi, pria mungkin akan sedikit sering ngompol tapi ini hanya bersifat sementara dan bisa diobati.
     
  5. Vasektomi bisa picu kanker prostat

    Ada mitos kanker prostat yang mengatakan bahwa vasektomi bisa menyebabkan kanker prostat. Padahal itu tidak terbukti. Vasektomi tidak berkaitan sama sekali dengan risiko kanker prostat. Jadi, kamu tak perlu khawatir bila ingin melakukan vasektomi sebagai KB pria atau tujuan lainnya.
     
  6. Jika kanker prostat kembali, maka tidak akan bisa diobati

    Kambuhnya kembali kanker prostat bisa membuat siapa saja bersedih hati. Tetapi hanya karena kanker muncul kembali tidak berarti kamu tidak dapat melakukan apapun. Kamu tetap memiliki kemungkinan untuk sembuh.

 

Konilife Prosmeto Untuk Kesehatan Prostat

Kamu bisa menjaga kesehatan prostat dengan mengurangi konsumsi lemak hewani dan produk susu, banyak makan sayuran dari keluarga cruciferous seperti pokcoy, brokoli, kubis, kembang kol, lobak, dan selada air. 

Menjaga berat badan tetap ideal serta konsumsi Konilife Prosmeto dari Konimex juga dapat bantu menjaga kesehatan prostat. Konilife Prosmeto mengandung kombinasi empat formula yang paling penting untuk menghambat pembesaran prostat yaitu Lycopene, Selenium, Vitamin E dan Saw Palmetto.

 

Sumber:

https://www.webmd.com/prostate-cancer/guide/prostate-cancer-myths-facts#1

https://www.everydayhealth.com/prostate-cancer-pictures/myths-about-prostate-cancer.aspx

https://www.verywellhealth.com/myths-of-prostate-cancer-4143590

https://www.honestdocs.id/mitos-kanker-prostat


Produk Terkait


Artikel Lainnya

Hubungi Customer Services headset_mic